»

Thursday, September 15, 2011

Idul Fitri 2011..

Baiklah, sebelum ceritanya basi, mending Ibu postingin cerita tentang Idul Fitri kemaren. Jadi gini.. tadinya, kita udah sepakat, tahun ini mudik 'cuma' ke Cirebon. Alasannya? Ada dua. Yang pertama: Budhe Ummi sama Pakdhe Yadi insyaALLAH bulan Oktober besok berangkat haji, jadi pengennya, kita pulang ke Banjar sekalian nengok mereka berdua di bulan Oktober. Nah terus, yang ke-2: capek, bo'... mudik sana-sini. Kejebak macet pas lebaran itu sih emang biasa, ya. Tapiiiiii.. kalo kejebak macetnya bareng sama 3 (TIGA!!!) anak balita, tentu saja lain cerita. Kebayang kan, gempornya emak bapaknya ini, kalo musti berjam-jam bermacet-macetan bareng mereka..?

Nah terus, ya... (oh, okay.. ternyata alasannya ada 3!
lol ) kalo kita mudik ke Banjar sekaligus ke Cirebon, capek banget, lho.. bongkar pasang bawaan yang nauzdubillah buanyaaaakkknya itu. Bayangin, di Bandung pas mau pergi kita musti packing, kan? Baju-baju, oleh-oleh, mainan, makanan-minuman buat di perjalanan, dan lain sebagainya. Itu satu kali packing. Nah sampe Banjar, bongkar. Itu dua kali. Nah terus, pas berangkat ke Cirebon, packing lagi. Itu tiga kali. Sampe Cirebon, bongkar. Itu empat. Nah udah gitu, pas mau balik ke Bandung, packing lagi, dan sampe Bandung bongkar-bongkar lagi tuh bawaan sejibun. Huaaahhhh.. 6 kali, Sodara! Ya nggak papa, kalo bongkar pasangnya cuma satu koper. Lhah ini, ada satu koper super jumbo, tiga tas pakaian super penuh, lalu oleh-oleh, mainan, makanan dan minuman buat di jalan, and so on, and so on.... Huaahhh...

Itu adalah pertimbangan-pertimbangan kenapa kita (tadinya) memutuskan untuk (mulai tahun ini) jatah mudik lebaran cuma ke satu tempat aja. Jadi kalo misalnya tahun ini Lebaran di Cirebon, maka tahun depan Lebaran di Banjar, begitu seterusnya. Jadi, kenapa akhirnya mutusin mudik ke Banjar dan Cirebon juga? Karena, Budhe Atun yang tinggal di Kalimantan sana, pulang ke Banjar, dan cuma ada di Banjar sampe 2 minggu setelah Lebaran. Artinyaaaa... kalo kita pulang ke Banjarnya nanti bulan Oktober pas nengok Budhe Ummi pergi haji, kita nggak akan ketemu ama Budhe Atun sekeluarga. Padahal udah hampir 2 tahun kita nggak ketemu ama mereka. Kangen, dong... !

Jadiiiii.. ya gitu deh. Akhirnya, dengan tekad baja, semangat pantang menyerah dan pastinya (ini yang paling penting) pasrah se-pasrah-pasrahnya kalo ketemu macet, pulang deh kita ke Banjar.
Berangkat dari Bandung hari Sabtu jam 02.00 dini hari, sampe sana... Maghrib! Iya! 16 jam. Normalnya? Cuma 7-8 jam, Sodara. Terus sampe sana, si boss besar pake kena diare segala, lagi. Huhuhu... gagal deh, acara ngubek-ngubek (baca: puas-puasin naik delman, kenyang-kenyangin makan bakso, sama silaturahim sana-sini) Banjarnegara tercinta itu.
Asli, dari hari Minggu sampe hari Kamis, (Sabtunya jangan dihitung, dong. Kan sampe sana Sabtu maghrib. Malem minggu-nya asli teparrrrr...! ) kita nggak kemana-mana. Cuma sempat ke alun-alun sekali, sama naik delman juga sekali. Malah pas naik delman Bang Andro nggak ikut, soale asyik banget main sama mbak Adiba di rumah Mbah.
Anyhooooowww... namanya pulang kampung, tentu saja yang paling penting hati senang karena ketemu sama ibunda tercinta, kakak-kakak, adik, ponakan-ponakan.. dan tentu saja, ketemu.. Dawet Ayu!
biggrin
Jadi, walopun Banjar tuh sekarang panasnya minta ampun, walopun nggak sempat main kemana-mana, walopun sedih liat si boss besar lemes.. but still.. it's always feels good to come home.. biggrin

---------------bersambung---------------------