»

Tuesday, June 8, 2010

Dik Aura: her first time out...

Si genduk yang satu ini kan emang sayaangggg banget ama abangnya. Makanya, hampir setiap kali mereka ketemu, adaaaa aja alasan untuk ngedeketin si boss kecil, sekedar untuk nempel-nempelin pipi, syukur-syukur bisa nyuri cium. :) 
Nach, kalo si boss kecil in the best mood sih, no problemo, ya. Suka cuek aja ditempel-tempel ama adik perempuannya. Masalahnya adalah kalo si boss kecil lagi asyik main, dan ngerasa keganggu karena disosor terus ama adiknya. Bisa pecah deh perang dunia ke-5. (untuk sekarang-sekarang ini, jangan ngarepin Bang Andro teriak-teriak kegirangan karena dicium ama Dik Aura, ya... karena jauh panggang dari api. Nggak mungkin. Yang ada teriak-teriak nolak.. :) )  Kalo genderang perang sudah ditabuh, yang akhirnya sibuk ya bapak ibunya, lah. Siapa lagi..? Sibuk nerangin:
" Bang, Dik Aura kan sayang sama Bang Andro, makanya pengen nyium bang Andro.."
ato:
" Kalo Dik Aura nggak boleh nyium Bang Andro, terus Dik Aura suruh nyium siapa, dong?" (nyium Ayah sama Ibu kan udah sering, bosen kaliiiii.. :) )
ato:
" Bang, Dik Aura cuma pengen main bareng, kok. Kan seharian belum main ama bang Andro, jadi Dik Aura pasti kangen ama Bang Andro.."
Bukan cuma abangnya yang dikasih pencerahan, tapi adiknya juga selalu kami kasih penerangan:
" Dik, Bang Andro lagi main. Kalo Dik Aura mau main juga, di sebelah sini aja, ya. Deket bang Andro.." (maksude jangan nempel beneran ke badan abangnya, gitu. Kan abangnya risih.. ;) )
ato:
" Dik Aura mau nyayang Bang Andro, ya. Ya udah, boleh.. Tapi nyayangnya sekali aja, ya..." (soale adiknya mana cukup nyosor abangnya sekali-dua kali. Musti beberapa kali, sampe abangnya teriak-teriak, baru mau berhenti. )

Nach, udah beberapa kali kejadian, setiap abangnya nolak ditempel-tempel ato diciumin, Dik Aura selalu nunjukkin keselnya dengan cara memukul. Puk! Kadang nggak cukup sekali.  Bisa diulang-ulang. Puk, puk! Apalagi kalo abangnya  terprovokasi dan melakukan perlawanan. Waahhhh... bisa-bisa berlanjut deh itu acara pukul memukul. Oh, no, no, no... :(
Dulu-dulu, kami selalu 'ngebelain' Dik Aura; secara dia kan jauhhh lebih kecil. Tapi sekarang-sekarang, di umurnya yang udah 20 bulan, kayaknya udah waktunya Dik Aura belajar, bahwa meskipun dia lebih kecil dari Bang Andro, bukan berarti dia boleh melakukan apa saja ke abangnya. Bukan berarti dia bebas ngelakuin apapun yang dia mau, karena bapak ibunya pasti akan selalu ngebelain dia dan nyalahin abangnya. 
Oleh karena itulah, pas beberapa hari lalu setelah kemauannya gak diturutin trus dia mukul abangnya, Ibu langsung ambil tindakan tegas. (well, namanya anak batita, mukulnya sih nggak keras, ya. Tapi tetep aja namanya mukul, bukan sesuatu yang bisa dikompromikan, to?)
" Dik Aura, tidak boleh memukul. Kita tidak main pukul di rumah ini..."
Liat ibunya sebentar, eh..trus Puk! Mukul abangnya lagi.
" Adik Aurora... tidak boleh memukul. Bang Andro sakit kalo dipukul begitu.."
Bengong sebentar, trus..Puk! Lagi, mukul bahu abangnya.
" Aurora Barron Florista Sefriyana! Sekali lagi mukul Bang Andro, Ibu time out 1 menit!"
Puk! That's it! 
Ibu langsung ambil Dik Aura, trus dudukin dia di kursi kecilnya. Ibu tatap matanya yang keliatan bingung;
" Kamu Ibu time out satu menit karena sudah mukul bang Andro. Duduk diem disini, dan jangan turun sebelum waktu satu menitnya habis,.."

Dan sesuai dengan perkiraan, meledaklah tangisnya. Whoaaaa....! :(
Pake nangis bombay segala, ngulurin tangan ke Ibu, panggil-panggil Ibu dengan suara sedu sedan yang menyayat hati. Nyoba turun juga, tapi langsung Ibu naikin lagi ke kursi. Begitu terus sampe diulang beberapa kali. Hmmm... Nggak tega deh, liat Dik Aura nangis histeris gitu. Pengen banget langsung dipeluk, dicium.... Tapi tidak, sayang. Kamu harus mulai belajar, semua tindakan buruk ada konsekuensinya. Ini semua untuk kebaikanmu. Mudah-mudahan suatu saat kamu akan tahu, hukuman ini bukan karena Ibu membencimu, tapi karena Ibu menyayangimu, dan ingin kamu belajar, tidak semua yang kita inginkan di dunia ini bisa kita dapatkan. Pada akhirnya, semua tindakan~tindakan baik atopun buruk~ akan selalu mendapatkan balasan yang sepadan... 
Ibu selalu mencintaimu, sayang. Dan cinta Ibu ini, adalah cinta yang tak bersyarat... :)